Hadiah Malcolm Baldridge adalah penghargaan Amerika yang setara dengan Hadiah Deming. Penghargaan tersebut didirikan oleh kongres Amerika pada tahun 1987. Hadiah Baldridge bukan sebuah standar, namun seperti halnya Hadiah Deming, ia merupakan sebuah penghargaan tahunan di Amerika. Penghargaan tersebut dirancang untuk menghargai perusahaan-perusahaan Amerika yang unggul dalam prestasi mutu dan manajemen mutu. Penghargaan tersebut dirancang untuk mempromosikan beberapa hal berikut ini:
> kesadaran mutu;
> pemahaman terhadap syarat-syarat mutu;
> pemberian informasi tentang strategi-strategi yang jitu dan menguntungkan selama pelaksanaan.
Kriteria Hadiah Baldridge sangat selaras dengan filosofi Deming tentang mutu. Tidak seperti BS5750/ISO9000, karena didalmnya ada tekanan yang kuat terhadap aspek-aspek mutu yang non-prosedural seperti kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, yang mencakup moral dan etika staf, serta kepuasan pelanggan. Analisa terhadap hasil proses peningkatan mutu adalah elemen penting dalam kritetria tersebut. Aplikasi yang ada diuji dan dicocokkan dengan daftar kriteria yang diperbaharui secara teratur. Pada tahun 1991, evaluasi tersebut memiliki empat bagian utama:
Pengarah
> - Kepemimpinan
- Kepemimpinan Eksekutif Senior
- Nilai-nilai Mutu
- Manajemen Mutu
- Tanggungjawab Publik
Sistem
> - Informasi dan Analisa
- Bidang serta Manajemen Data dan Informasi Mutu
- Perbandingan dan Standar Kompetitif
- Analisa Data dan Informasi Mutu
> - Perencanaan Mutu Strategis
- Proses Perencanaan Mutu Strategis
- Tujuan dan Perencanaan Mutu
> - Pemanfaatan Sumberdaya Manusia
- Manajemen Sumberdaya Manusia
- Keterlibatan Karyawan
- Pendidikan dan Pelatihan Mutu
- Pengukuran Penghargaan dan Prestasi Karyawan
- Etika dan Moral Karyawan
> - Jaminan Mutu terhadap Produk dan Layanan
- Desain dan Pengenalan terhadap Produk dan Layanan Mutu
- Kontrol Mutu terhadap Proses
- Perbaikan Kontinyu terhadap Proses
- Penilaiai Mutu
- Dokumentasi
- Proses Bisnis dan Mutu Layanan Pendukung
- Mutu Penyedia
Pengukuran
> - Hasil Mutu
- Hasil Mutu Produk dan Layanan
- Proses, Operasional dan Layanan Pendukung Bisnis
- Hasil Mutu Penyedia
Tujuan
> - Kepuasan Pelanggan
- Menentukan Keinginan dan Harapan Pelanggan
- Manajemen Relasi Pelanggan
- Standar Pelayanan Pelanggan
- Komitmen terhadap Pelanggan
- Resolusi Komplain untuk Peningkatan Mutu
- Menentukan Kepuasan Pelanggan
- Hasil Kepuasan Pelanggan
- Perbandingan Kepuasan Pelanggan
Di Inggris Raya, ada minat khusus terhadap kriteria-kriteria Hadiah Baldridge sebagai sebuah standar audit internal. Kriteria-kriteria tersebut mencakup beberapa bidang yang mengilhami kebutuhan organisasi mutu terpadu. Ada banyak orang dalam pendidikan yang beranggapan bahwa Hadiah Baldridge, aau yang semisal dengannya, dapat memberikan metode standar mutu jangka panjang dalam pendidikan. Karena hal ini sangat menekankan visi, kepemimpinan dan proses peningkatan. Metode tersebut bisa dilihat lebih dekat proses pendidikan dibandingkan BS5750/ISO9000, yang menekankan pada sistem dan prosedur. Sayangnya, Hadiah Baldridge hanya diterapkan pada organisasi profit Amerika. Lembaga-lembaga pendidikan di Amerika tidak memenuhi syarat untuk memperoleh hadiah tersebut.
No comments:
Post a Comment