Penghargaan Mutu Eropa diperkenalkan pada tahun 1991 dalam pertemuan Forum Manajemen Mutu Eropa di Paris. Forum tersebut merupakan organisasi baru yang dibentuk pada tahun 1988 oleh 14 perusahaan besar Eropa. Sekarang telah berkembang menajdi 170 perusahaan yang bertujuan untuk merangsang dan membantu perusahaan-perusahaan Eropa dalam mengembangkan mutu terpadu. Komisi Eropa memainkan peran penting dalam pembangunannya. Tujuan dari forum dan Penghargaan tersebut adalah untuk mendorong perkembangan TQM. Penghargaan tersebut bertujuan untuk menghargai organisasi-organisasi yang memberikan perhatian besar terhadap mutu terpadu, dan mendorong yang lain untuk mengikuti percontohan mereka. Penghargaan Mutu Eropa juga bukan sebuah standar mutu, melainkan sebuah hadiah dari sebuah kompetisi seperti halnya Hadiah Deming di Jepang dan Hadiah Baldridge di Amerika. Penghargaan Mutu Eropa tersebut merupakan
penghargaan tunggal tahunan yang diberikan kepada eksponen TQM (Total Quality Management) yang paling sukses di Eropa Barat. Penghargaan pertama diberikan pada tahun 1992. Disamping penghargaan tersebut, ada juga European Quality Prizes (Hadiah Mutu Eropa) yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan prestasi dalam manajemen mutunya. Kriteria penghargaan tersebut memiliki corak Eropa yang khas dan dirancang untuk diberikan kepada perusahaan-perusahaan berprestasi tanpa memperhatikan ukuran dan tipe-tipe bisnis perusahaan tersebut. Organisasi yang menginginkan penghargaan tersebut, akan dinilai berdasarkan hasil dan peningkatan prestasi yang diraih melalui beberrapa kriteria berikut ini:
> kepuasan pelanggn;
> kepuasan karyawan;
> prestasi bisnis;
> pengaruh organisasi terhadap masyarakat.
Ada delapan kriteriaspesifik serta nilai relatifnya masing-masing dalam nilai keseluruhan Penghargaan tersebut, yaitu:
> Kepuasan pelanggan
persepsi pelanggan eksternal, baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap perusahaan atau terhadap produk dan layanan (20%)
> Orang-orang
orang-orang yang ada di dalam manajemen perusahaan dan perasaan mereka terhadap perusahaan (18%)
> Hasil bisnis
prestasi perusahaan dalam kaitannya dengan rencana prestasi bisnis mereka (15%)
> Proses
manajemen seluruh kegiatan yang memiliki nilai tambah dalam perusahaan (14%)
> Kepemimpinan
sikap seluruh manajer dalam mentransformasikan perusahaan pada Mutu Terpadu (10%)
> Sumberdaya
pemanfaatan dan pemeliharaan manajemen terhadap:
- sumberdaya finansial
- sumberdaya informasi
- sumberdaya teknologi (9%)
> Strategi dan kebijakan
visi, nilai dan arah perusahaan, serta cara untuk mencapainya (8%)
> Pengaruh terhadap mayarakat
persepsi komunitas secara umum terhadap perusahaan. Pandangan pendekatan perusahaan terhadap kehidupan, lingkungan dan kebutuhan pemeliharaan sumber daya global (6%)
Penekanan penghargaan Mutu Eropa adalah: 'Apakah Anda mencoba untuk melakukan hal-hal yang benar?' Dibandingkan dengan Hadiah Baldridge, Penghargaan Mutu Eropa memiliki penekanan yang lebih besar terhadap dampak sosial, pemanfaatan sumber daya dan hasil-hasil bisnis. Masalah yang dihadapi penghargaan ini, dan penghargaan lainnya, adalah bahwa dengan hanya satu pemenenag dalam setiap tahunnya, maka kemungkinan besar pengaruh dari Penghargaan tersebut hanya akan terbatas pada perusahaan-perusahaan besar. Sementara tujuan awal dari penghargaan tersebut adalah untuk mendorong imitasi prestasi yang ditunjukkan oleh para pemenang Penghargaan. Meskipun demikian, kompetisi penghargaan Mutu Eropa dapat diikuti oleh lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki metode pelatihan dan pendidikan yang signifikan dengan Forum Manajemen Mutu Eropa.
No comments:
Post a Comment