Sebagian besar organisasi membedakan visi, misi, nilai-nilai dan tujuan mereka. Mereka membedakan hal-hal tersebut dengan maksud untuk memperjelas jenis institusi seperti apa yang mereka harapkan nantinya dan memperjelas arah mana yang hendak mereka tuju.
Visi
Statement visi mengisyaratkan tujuan puncak dari sebuah institusi dan untuk apa visi itu dicapai. Visi harus singkat, langsung dan menunjukkan tujuan puncak institusi, misalnya: 'Seluruh pelajar kita akan sukses'. Misalnya juga visi dalam dunia komersial, seperti 'IBM adalah layanan', atau visi Disneyland 'Kami menciptakan kegembiraan'. Beberapa organisasi membuat visi yang pendek, singkat dan mudah diingat kemudian mengembangkan visi tersebut dengan sekumpulanstatement yang menjadikan visi tersebut sempurna. Untuk institusi pendidikan, kalimat seperti 'Menyediakan Standar Belajar yang Unggul' bisa menjadi sebuah statemen visi yang tepat.
Misi
Statement misi sangat berkaitan dengan visi dan memberikan arahan yang jelas baik untuk masa sekarang maupun untuk masa yang akan datang. Statement misi membuat visi memperjelas alasan kenapa sebuah institusi berbeda dari institusi-institusi yang lain. Saat ini statement misi sudah menjadi bagian penting pendidikan. Yang masih kurang lazim adalah strategi praktis yang mengikuti misi tersebut. Perlu ditekankan bahwa misis harus diterjemahkan ke dalam langkah-langkah penting yang dibutuhkan dalam memanfaatkan peluang yangada dalam institusi.
Institusi-institusi pendidikan seringkali merasa enggan untuk menyampaikan kepada khalayak umum bahwa mereka mencoba untuk menjadi yang terbaik dalam lingkungan kerja mereka sendiri. Ada sebuah kekhawatiran bahwa jika statement misi tersebut diungkapkan maka peluang mereka untuk gagal akan meningkat. Akan tetapi, jika statement misi didukung dengan strategi mutu berjangka panjang yang diformulasikan dengan baik, maka tujuan tersebut harus diungkapkan dalam statement misi. Ada beberapa poin yang harus diingat dalam menyusun statemen misi:
> Ia harus mudah diingat.
> Ia harus mudah dikomunikasikan.
> Sifat dasar bisnis harus diperjelas
> Harus ada komitmen terhadap peningkatan mutu.
> Ia harus berupa statement tujuan jangka panjang dari sebuah organisasi.
> Ia harus difokuskan pada pelanggan
> Ia harus fleksibel
Contoh statemen misi :
- 'Hightown School bertujuan untuk memberikan mutu pendidikan yang terbaik kepada para pelajarnya.'
- 'Mid-Country College of Arts and Technology bercita-cita menjadi penyedia utama program-program akademik dan kejuruan bermutu yang fleksibel bagi para lulusan sekolah dan remaja-remaja di wilayah tersebut.'
Nilai-nilai
Nilai-nilai dari sebuah organisasi merupakan prinsip yang menjadi dasar operasi dan pencarian organisasi tersebut dalam mencapai visi dan misinya. Nilai-nilai tersebut mengekspresikan kepercayaan dan cita-cita institusi. Ia harus singkat dan padat. Statemen-statemen nilai harus mudah diingat dan harus bisa dikomunikasikan ke seluruh penjuru institusi. Nilai-nilai tersebut mengemudikan organisasi dan memberikan arah. Ia juga menyediakan tujuan yang konsisten. Nilai-nilai yang ada dalam sebuah institusi harus disesuaikan dengan lingkungan dimana institusi tersebut beroperasi. Nilai-nilai tersebut harus menancapkan hubungan kuat baik dengan pelanggan maupun dengan staf. Sebuah institusi harus menentukan nilai-nilainya sendiri, namun ia setidak-tidaknya mencakup beberapa hal berikut ini:
> Kita mengutamakan para pelajar kita.
> Kita bekerja dengan standar integritas profesional tertinggi.
> Kita bekerja sebagai tim.
> Kita memiliki komitmen terhadap peningkatan yang kontinyu.
> Kita memberi kesempatan yang sama pada semua.
> Kita akan memberikan mutu pelayanan tertinggi.
Tujuan
Setelah visi, misi, dan nilai-nilai telah ditetapkan, ketiganya harus diterjemahkan kedalam tujuan-tujuan yang bisa dicapai. Tujuan sering diekspresikan sebagai sasaran dan cita-cita. Sebuah tujuan harus diekspresikan dalam metode yang terukur sehingga hasil akhirnya dapat dievaluasi dengan menggunakan metode tersebut. Tujuan harus realistis dan dapat dicapai.
No comments:
Post a Comment