Riset pasar yang baik merupakan unsur penting dalam mengimplementasikan TQM (Total Quality Management). Riset ini adalah cara utama untuk mendengarkan pelanggan, dan calon pelanggan. Ini mungkin terdengar sedikit blak-blakan, namun jika pendekatan TQM direnungkan kembali, maka mutu menurut apa yang dirasakan pelanggan harus ditetapkan. Kalimat 'mutu yang dirasa (perceived quality)' tersebut, tidak akan berarti apa-apa tanpa riset pasar. Riset pasar dapat digunakan untuk menentukan isu-isu mutu melalui sudut pandang pelanggan. Riset tersebut akan memberikan data
yang akan melengkapi kesan institusi terhadap kelompok pelanggan yang bervariasi. Institusi harus mengetahui apa yang dipikirkan aneka kelompok tentang mereka, dan kenapa beberapa orang memiliki pemikiran seperti itu sedang yang lain tidak. Kelompok pelanggan yang berebeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula sehingga memerlukan pendekatan serta bentuk perlakuan yang beraneka. Institusi hanya akan mengetahui pembedaan pasar tersebut saat institusi memiliki bukti tentang hal tersebut.
Riset pasar bukan sesuatu yang dilaksanakan sekali untuk selamanya, khususnya dalam pendidikan. Institusi pendidikan memiliki fenomena yang menarik menyangkut populasi yang datang dan pergi kemudian digantikan oleh populasi baru. Di sana ada pengulangan berbagai kemungkinan bisnis. Akan tetapi, pendidikan jauh berbeda dari aktivitas komersial yang memiliki pelanggan tetap dengan komitmen jangka panjangnya. Dalam pasar sedemikian, reputasi menjadi hal yang amat sangat penting. Reputasi membutuhkan waktu untuk berkembang dan perlu dijaga. Reputasi tersebut juga bisa berubah dan riset pasar dapat memberikan peringatan tentang perubahan persepsi pelanggan yang akan berpengaruh pada reputasi institusi.
Analisa pasar harus dimasukkan sebagai elemen penting dalam segmentasi pasar. Jarang ada organisasi yang beroperasi dalam sebuah pasar tunggal. Pasar-pasar yang berbeda perlu diidentifikasi. Begitu identifikasi pasar berhasil dilakukan, maka perlu diajukan pertanyaan-pertanyaan menyangkut aneka kebutuhan masing-masing segmen serta apakah sebuah layanan perlu disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan tertentu. Hal ini sangat penting, terutama bagi institusi-institusi pendidikan tinggi yang lebih besar dimana pelajar memiliki persepsi dan kebutuhan yang berbeda dari para lulusan sebelumnya. Walaupun demikian, analisa segmentasi pasar juga bisa diterapkan disekolah. Jika sebuah institusi ingin memenuhi kebutuhan yang diinginkan seluruh pelanggan, maka institusi tersebut harus mengadopsi strategi-strategi berbeda yang disesuaikan dengan segmen pasar yang ada.
No comments:
Post a Comment