Wednesday, 20 April 2016

PEDOMAN BS7850 UNTUK TQM

British Standard Institution mengembangkan pertunjuk dan arahan dalam mengembangkan TQM dalam BS7850, British Standard Guide to Total Quality Management. BS7850 bukan standar, dan tidak memiliki sebuah sistem penilaian pihak ketiga seperti yang dimiliki BS5750. BS7850 tidak dirancang untuk menjadi pemberi petunjuk dan penentu. Ia merupakan pedoman pendekatan dan metodologi yang dilakukan sebuah organisasi untuk mengadopsi TQM.
Definis TQM adalah sebuah definisi yang menekankan partisipasi dan kerjasama seluruh karyawan dalam memproduksi barang dan layanan. Tujuannya adalah untuk menjamin bahwa pelanggan puas terhadap barang dan jasa yang diberikan, serta menjamin bahwa tidak ada pihak yang dirugikan.
Pada bagian pembukaan dari naskah standar, ada bagian penting yang membahas tentang pentingnya investasi awal yang dibutuhkan oleh TQM. Dalam bagian tersebut tercantum beberapa investasi sebagai titik tolak pelaksanaan TQM, diantaranya: investasi waktu dan tenaga kerja; waktu untuk melatih tenaga kerja; waktu untuk melaksanakan konsep-konsep baru; waktu bagi tenaga kerja untuk menyadari arti penting mafaat; dan waktu bagi orang untuk terus maju dalam kultur perusahaan yang baru dan berbeda.
BS7850 memiliki dua bagian. Bagian 1 berkaitan dengan proses manajemen, dan Bagian 2 dengan peningkatan mutu. Bagian 1 mengandung petunjuk tentang statemen misi, komitmen manajemen, kepuasan pelanggan, kerugian mutu, partisipasi semua pihak, pengukuran proses, identifikasi masalah, pengembangan personal, penciptaan struktur organisasi yang tepat, pengukuran prestasi, pelatihan, serta tentang alat-alat dan teknik-teknik. Bagian 2 menjelaskan tema-tema Bagian 1 dan menjelaskan secara lebih detail tentang metodologi dan pengukuran terhadap pengembangan mutu. Bagian 2 juga mencakup sebuah pedoman penggunaan alat-alat yang dapat diaplikasikan untuk membantu proses peningkatan mutu.

No comments:

Post a Comment